Sabtu, 06 Desember 2014

Kualitas Buah-Buahan Dalam Negri Lebih Terjamin Mutunya



“Jangankan menanam tanaman, menanam tongkatpun bisa hidup.” Ungkapan untuk menggambarkan begitu subrnya tanah air Indonesia ini sepertimya tidak terlalu berlebihan, pasalnya berbagai macam tetumbuhan mulai dari sayuran, buah-buahan sampai pepohonan mahal dan berharaga bisa tumbuh subur dengan mudah di bumi pertiwi ini.
Banyak kalangan yang heran dengan hadirnya berbagai macam produk impor sayuran dan buah-buahan, padahal produk local yang dihasilkan oleh para petani tradisional Indonesia bisa jauh lebih berkualitas dari pada produk impor yang didatangkan dari luar negeri.
Prosuk-produk impor yang akhir-akhir ini semakin memukul mundur komoditas buah dan sayuran lokal selayaknya diatur ulang, karena banyak sebab yang mengakibatkan produk-produk impor itu jauh ketinggalan dari segi kualitas dari pada produk sejenis yang merupakan hasil produksi lokal.
Proses Pengawetan
Produk lokal yang didistribusikan langsung oleh para petani ke pasaran lebih terjamin kesegarannya dibandingkan dengan produk sejenis yang diimpor, karena proses pendistribusian yang memakan waktu yang cukup lama, memaksa para pengusaha memberikan bahan pengawet pada produknya agar tetap kelihatan segar sesampainya di Negara tujuan.
Dipanen Sebelum Waktunya
Agar tidak keburu busuk dan rusak ketika sampai di Negara tujuan impor, terkadang para penjual terpaksa melakukan panen premature terhadap produk sayuran dan buah-buahan yang ada, hal ini tentu saja akan mempengaruhi kulitas dari produk yang diimpor itu, berbeda halnya dengan produk sayuran dan buah-buahan milik petani lokal, karena proses distribusi yang tidak memakan waktu yang lam, ama biasanya para petani memanen hasil buminya tepat pada waktunya setelah benar-benar matang.
Sumbangan Emisi Lingkunagn
Tak hanya pengaruhnya terhadap kualitas produk, pengaruh negatif lain dari impor buah-buhan serta sayuran dari luar negeri juga berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan, pasalnya proses pendistribusian yang dilakukan dari tempat jauh membutuhkan tenaga dan transportasi yang handal, semakin jauh asal produk, maka semakin banyak zat emisi disumbangkan ke bumi.
Menambah Kesejahteraan Petani Lokal
Selain akibat-akibat negatif di atas, hal lain yang seharusnya membuat seluruh warga lebih mengutamakan produk lokal adalah kesejahteraan petani lokal, karean asemakin banyak produk impor maka produk lokal akan semakin terdesak, tak jarang produk impor menawarkan harga yang jauh lebih murah dari produk lokal yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar